Minggu, 18 November 2012

Menunggu untuk Kembali Berpetualang



Sekian lama sudah grup wisata alam murah tidak merilis catatan perjalanan, membuat saya selaku salah satu personil grup penggemar alam ini jadi kangen dengan kegiatan ngalor ngidul mencari tempat-tempat asik untuk dikunjungi. Masih dengan motto yang kami usung, yakni wisata yang murah, mudah dan menarik.. saya jadi sejenak ingin meng-kilas balik beberapa catatan-catatan perjalanan kami. Sekedar ingin berbagi dan menceritakan pengalaman kami di beberapa tempat yang telah kami kunjungi, memang beberapa diantaranya belum sempat kami tuangkan dalam cerita di blog ini. Setelah melakukan beberapa perjalanan singkat ke beberapa tempat yang memang relatif masih sekitaran Yogyakarta dan sekitarnya, saya kembali tersadar bahwa sebenarnya di sekitar tempat kami banyak tempat menarik yang asik untuk dikunjungi tanpa harus kesulitan untuk mempersiapkan uba rampe perjalanan maupun sangu (saku) materiil untuk mengunjuginya.
 
Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran
Sebut saja di daerah Gunungkidul yang sampai saat ini buat kami merupakan daerah yang kaya dengan wahana wisata alam, banyak tempat yang belum sempat kami kunjungi. Belum lagi dengan daerah barat seperti Kulon Progo maupun memasuki wilayah Jawa Tengah yang mungkin memiliki karakteristik wilayah tidak jauh dengan Gunungkidul. Memang diantara tempat-tempat yang kami kunjungi sebagian besar merupakan gua-gua alam, namun sebenarnya selain gua, kami juga rajin mengunjungi beberapa tempat menarik seperti bukit-bukit karst maupun pantai yang di sekitar wilayah Yogyakarta ini memiliki karakteristik yang cukup beragam, yakni dari mulai pantai ber-karang, pantai pasir putih, pantai pasir hitam sampai dengan berbagai ukuran pantai. Selama ini juga saya menyadari bahwa hobby menelusuri alam itu tidak ada matinya selama bumi masih ada dan belum dirusak (ciyehh..).


Selama ini kami selalu rutin mengunjungi tempat-tempat menarik disekitar Yogyakarta menggunakan sarana transportasi paling fleksibel dan cukup ekonomis yakni sepeda motor. Kendati kami bukan orang-orang yang secara fisik kuat dan dibekali dengan piranti petualangan yang memadai namun kami tetap berupaya untuk dapat menikmati keindahan alam yang ada semaksimal mungkin. Hasilnya memang tidak mengecewakan, aktivitas kami ini bukan saja menjadi ajang memanfaatkan waktu luang, namun juga benar-benar dapat menyegarkan pikiran ditengah-tengah pusingnya mikir hidup (ciyehh..). Sekian lama tidak berkelana mengunjungi alam sekitar rasanya menjadi terkenang dengan rekan-rekan grup wisata alam murah. Untuk Eko "Gondronk", untuk Pandu, untuk Denis.. kalian emang teman-teman yang asik abis untuk menelusuri wisata alam selama ini. Berharap untuk dapat melanjutkan perjalanan ke berbagai wahana alam menarik yang masih menjadi wacana kita selama ini kawan.. hehehe..
Ketemu Ular di Goa Seropan
Sebenarnya bukan hal sulit untuk dapat melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia, atau bahkan luar negeri. Hanya satu hal yang sebenarnya menjadi kunci, yaitu duit (wkwkwkwk..). Namun bukan semata bisa kesana-kesini membuat saya secara pribadi puas, misalnya dengan saya sudah berkunjung ke Sabang atau ke wilayah Kalimantan, namun kepuasan tersebut justru ketika saya bisa menemukan tempat yang benar-benar menarik bersama rekan-rekan wisata alam murah dan dilakukan atas dasar motto kami. Yah.. yang namanya hobby memang tidak dapat dimengerti dengan logika materi maupun persepsi subjektif masing-masing orang.
Menikmati Wedang Cekit di Wonogiri
Oke kembali ke maksud tulisan ini. Sebenarnya memang saya menantikan adanya putaran perjalanan lagi dari rekan-rekan wisata alam murah, namun karena beberapa kesibukan dari rekan-rekan juga, tampaknya penantian ini menjadi kurang menentu. Sementara itu, keinginan untuk bercerita mengenai keindahan alam yang saya temui tampaknya tidak ingin saya sia-siakan. Oleh karenanya, untuk menunggu adanya putaran perjalanan bersama rekan-rekan wisata alam murah, saya akan mencoba menuliskan beberapa catatan perjalanan diluar aktivitas wisata alam murah. Mungkin akan terdapat beberapa perbedaan mendasar dengan posting-posting sebelumnya, namun saya berharap pada diri saya sendiri, catatan perjalanan tersebut masih tetap dalam batasan esensi aktivitas kami yakni wisata alam murah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar