Rabu, 04 Juli 2012

Pantai Sedahan - Gunungkidul


Selain kaya akan wahana wisata alam berupa gua, Gunungkidul juga memiliki beberapa pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi, seperti Pantai Wediombo dan Pantai Siung yang memiliki daya tarik khas. Kali ini kami tampilkan pantai yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan, karena letaknya yang memang memerlukan sedikit perjuangan untuk mencapainya, yakni Pantai Sedahan.
Pantai ini terletak satu wilayah dengan Pantai Wediombo yang sudah lama dikelola menjadi objek wisata unggulan di Gunungkidul. Untuk mencapai pantai ini, anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 kilometer saja, namun harus melalui medan perbukitan dan beberapa ladang penduduk lokal. Untuk lebih jelasnya anda dapat menanyakan kepada para penduduk lokal yang mengais rejeki di Pantai Wediombo mengenai arah untuk menuju Pantai Sedahan.
perjalanan menuju pantai

Meskipun perjalanan yang harus anda lalui untuk menuju pantai ini harus dengan jalan kaki dan naik turun bukit, namun semua usaha tersebut akan terbayar ketika sudah sampai ke lokasi. Bagi yang berminat terhadap goa, anda juga bisa "mampir" ke Gua Greweng yang ada di salah satu susunan karang yang anda lewati dalam perjalanan (baca:http://wisata-alam-murah.blogspot.com/2010/09/goa-greweng-wediombo-gunungkidul.html).
muara sungai di Pantai Sedahan
Apabila anda sudah mendekati ke lokasi pantai, maka anda akan menemui sungai yang airnya masih jernih. Anda cukup menyusuri sungai tersebut sampai ke muaranya, dan itu lah Pantai Sedahan. Bagi yang senang bermain air laut, jangan kuatir, pantai ini cocok untuk bermain air karena tepian pantai merupakan hamparan pasir putih.. sehingga tidak perlu takut kakinya menginjak formasi batu karang seperti yang ditemui di pantai-pantai wilayah Gunungkidul lainnya. Yang jelas, selama dua kali kami berkunjung ke pantai ini, situasinya sangat nyaman dan sepi. Hanya ditemui beberapa penduduk lokal yang memang kesehariannya beraktivitas di sekitar pantai, seperti pencari rumput atau penggembala sapi. So, tunggu apalagi? selamat mencoba, Salam Wisata Murah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar