Sabtu, 19 Maret 2011

Goa Bribin - Gunungkidul


Goa Bribin mungkin tidak asing lagi bagi para penggemar goa di wilayah Gunungkidul. Goa ini terkenal karena didalamnya terdapat sungai air bawah tanah yang memiliki debit air cukup besar. Bahkan karena debit air dan arus yang cukup tinggi, goa ini sempat dijadikan proyek pemanfaatan arus sungai sebagai sumber tenaga listrik yang melibatkan beberapa tenaga ahli dari luar negeri.
Goa ini sudah dibangun sedemikian rupa, sehingga dari gerbangnya terlihat mudah untuk dimasuki. Meskipun demikian, semakin ke dalam maka rongga goa semakin menyempit dan pendek, sehingga pengunjung harus jalan sambil berjongkok. Selain itu, di beberapa bagian terdapat genangan air jernih yang berasal dari pipa-pipa air yang bocor.
Berikut beberapa gambar goa bribin yang kami kunjungi :




Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi goa satu ini, maka akses untuk ke goa sudah cukup terbangun dengan baik. Hanya karena goa bribin yang kami kunjungi ternyata sudah tidak beroperasi sebagai pembangkit tenaga listrik lagi, maka penjagaan serta fasilitas penerangan yang sebelumnya telah tersedia saat ini menjadi tidak berfungsi lagi.
Goa Bribin yang kami kunjungi ini terletak di Kecamatan Semanu, Gunungkidul berada tidak begitu jauh dari Goa Seropan dan Goa Jlamprong. Selamat mencoba, Salam Wisata Murah :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar