Jumat, 04 Februari 2011

Goa Lowo - Gunungkidul



Kata "lowo" memang terasa tidak asing untuk nama sebuah goa, karena lowo sendiri adalah nama hewan (kelelawar) yang berhabitat di goa-goa. Tidak heran apabila dibeberapa tempat, terutama yang memiliki goa-goa, kita menemui goa yang bernama Goa Lowo. Begitu juga halnya Goa Lowo satu ini, yakni yang terletak di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul.
Goa ini memiliki karakteristik lorong yang luas dan tinggi (atapnya). Namun demikian, untuk saat ini mungkin bagi pengunjung yang ingin memasuki goa ini akan sedikit kecewa. Hal ini dikarenakan goa satu ini sudah mengalami eksploitasi besar-besaran untuk penambangan kapur. Didalam goa ini akan dijumpai banyak lubang-lubang galian tambang, bahkan saat ini populasi kelelawar penghuni goa ini semakin menurun dikarenakan semakin terbukanya habitat mereka dengan lingkungan luar.




Apabila anda berminat mengunjungi goa satu ini, akses jalan cukup mudah karena goa ini terletak tidak jauh dari jalan aspal yang menghubungkan Kecamatan Ponjong dengan daerah Pracimantoro Wonogiri. Selamat mencoba, Salam Wisata Murah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar