Sabtu, 02 Oktober 2010

Goa Ngantap - Wonogiri, Jawa Tengah

Goa Ngantap terletak di Desa Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Wilayah Wonogiri memiliki hamparan karst yang cukup luas seperti daerah-daerah sekitarnya (Gunungkidul dan Pacitan Jatim), sehingga wilayah ini juga memiliki potensi wisata goa yang cukup menarik. Sampai saat ini pun masih ditemukan beberapa goa baru yang sedang dikaji untuk dijadikan wisata bagi para peminat goa. Goa Ngantap sendiri merupakan salah satu goa yang sudah lama ditemukan, terlebih dengan ukuran yang tergolong sangat besar. Namun demikian, perhatian dan minat wisatawan sendiri tampaknya masih kurang bahkan untuk menuju goa ini, kami tidak menemukan penunjuk arah yang jelas.

Goa ini berbentuk seperti cerugan (cekungan kedalam) yang di dalamnya terdapat ruangan yang cukup luas dan tinggi. Beberapa bebatuan didalamnya masih dialiri air, bahkan tetesan air tersebut juga dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan air bersih.

Berikut beberapa gambar Goa Ngantap :

mulut goa dari dalam

 batu besar berdiri tegak di tengah goa


air jernih yang menetes di dalam goa

 kondisi tanah dasar goa


gambar-gambar lain:




Untuk menuju Goa Ngantap anda harus rajin bertanya kepada penduduk lokal karena penunjuk ke tempat ini sangat minim. Sedangkan sarana dan fasilitas yang ada di tempat ini sendiri sepertinya telah lama ditinggalkan dan tidak terawat. Namun demikian, kondisi goa sendiri masih terjaga dan batu-batuan didalamnya masih memiliki daya tarik yang cukup khas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar